Konsep Perencanaan Kapal

Posted: Februari 10, 2010 in Marine
Tag:, ,

Proses perencanaan kapal seperti yang dilakukan oleh seorang marine engineer dan arsitek kapal pada umumnya melalui empat tahapan. Tahapan- tahapan ini digunakan untuk menterjemahkan persyaratan perencanaan kapal ke dalam kriteria khusus yang biasanya digambarkan ke dalam suatu diagram spiral. Adapun keempat tahapan tersebut adalah sebagai berikut :

a. Conceptual design

b. Preliminary design

c. Contract design

d. Detail design

Setiap stage perancangan yang akan digambarkan merupakan sekumpulan aktifitas teknik yang terpisah dari kelompok aktifitas teknik yang lain dan dengan membuktikan stage yang terdahulu. Stage perancang terpisah satu sama lain karena tidak ada jaminan bahwa kondisi perancangan dapat dikembangkan yang akan memenuhi semua kebutuhan untuk setiap stage.

Conceptual Design Stage

Didalam conceptual design stage, dibutuhkan pengembangan sebuah susunan tentang konfigurasi perancangan alternatif yang meliputi bermacam-macam kombinasi Dari jumlah dan ukuran kapal, kecepatan kapal, bentuk badan kapal, konsep tentang permesinan dan penggerak kapal. Hasil dari design konsep biasanya meliputi jumlah dan besar kapal (hull size), kecepatan, kebutuhan tenaga penggerak, gambar rencana umum, estimasi kebutuhan ABK, dll.

Preliminary Project Design

Pada preliminary design stage ini dikembangkan hasil dari tahap conceptual dengan menetapkan alternatif kombinasi yang jelas, sehingga pada akhirnya didapatkan gambaran utama kapal dan kecepatan servicenya, begitu juga daya motor yang diperlukan, demikian pula dengan daftar sementara peralatan permesinan. Selama Preliminary design, perancangan kapal dikembangkan unutk mendapatkan tingkatan tertentu untuk menjamin secara teknis bahwa semua persyaratan perancangan kapal dapat terpenuhi.

Contract Design Stage

Tujuan dari contract design stage adalah untuk mengembangkan perancangan kapal dalam bentuk yang lebih mendetail yang memungkinkan pembangun kapal memahami kapal yang akan dibuat dan mengestimasi secara akurat seluruh beaya pembuatan kapal. Dalam detailnya contract guidance drawing dibuat untuk menggambarkan secara tepat perancangan yang diinginkan. Contract design biasanya menghasilkan satu set spesifikasi dan gambar, serta daftar peralatan permesinan.

Detail Design

Dalam stage ini gambar kerja dan kebutuhan data lainnya untuk membuat kapal dikembangkan. Final design stage, dan seluruh keputusan perancangan seperti seleksi tipe permesinan, dll. Telah dibuat dan dikonfirmasikan dengan baik. Seluruh sistem yang dibutuhkan kapal, mesin utama dan mesin bantu telah dibuat secara terperinci, demikian pula pabrik pembuat yang diinginkan.

Sumber: Marine Engineering

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s